Istilah E-Commerce mulai muncul pada tahun 1990-an melalui adanya inisiatif untuk mengubah paradigma traksaksi jual beli dan pembayaran dari catatan konvensional ke dalam bentuk digital elektronik berbasiskan komputer dan jaringan interner. Terdapat beberapa buah definisi E-Commerce seperti berikut ini:
- Kim Moon di tahun 1998 menyatakan bahwa E-Commerce adalah proses untuk mengantarkan informasi, produk, layanan, dan proses pembayaran, melalui kabel telepon, koneksi internet, dan akses digital lainnya.
- Baourakis, Kourgiantakis, dan Migdallas di tahun 2002 menyatakan bahwa E-Commerce merupakan bentuk perdegangan barang dan informasi melalui jaringan internet.
- Qauyle di tahun 2002 juga tidak mau kalah untuk menambahkan definisi dari E-Commerce. E-Commmerce didefinisikan sebagai berbagai bentuk pertukaran data elektronik atau Electronic Data Intercange (EDI) yang melibatkan penjual dan pembeli melalui perangkat mobile, di dalam jaringan internet dan internet.
- Chaffey di tahun 2007 menyempurnakan lagi definisi tentang E-Commerce, dengan mempertimbangkan bahwa tahun 2007 perkembangan teknologi kemputer telah menambah perubahan pada E-Commerce, dengan munculnya mobile (Smartphone, Handphone, Tablet), makin banyaknya organisasi dan pengguna yang terhubung dengan internet, dan munculnya berbagai teknologi pengembangan aplikasi berbasis web. Sehingga kemudian di buatlah perbaikan definisi dari E-Commerce. E-Commerce didefinisikan sebagai semua bentuk pertukaran informasi antara organisasi dan Stakeholder berbasiskan media elektronik yang terhubung dengan internet.
0 comments:
Post a Comment