Monday, November 2, 2015

Filled Under:

Latar Belakang Munculnya E-Commerce


       Berdasarkan definisi-definisi yang diberikan di atas mengenai E-Commerce, maka dapat di ketahui manfaat E-Commerce di dalam membantu pengguna komputer, baik pelaku bisnis (pedagang, distributor, produsen) maupun komsumen akhir, di dalam melakukan jual beli barang dan jasa serta transaksi secara cepat dan mudah berbasiskan internet. Cukup dengan koneksi internet dan komputer maupun perangkat terhubung dan pembeli, tanpa perlu adanya fisik dan tatap muka langsung.

            Hal ini akan sangat berlawanan dengan kondisi di saat sebelum adanya E-Commerce di dunia. Pada masa tersebut transaksi dilakukan secara langsung melalui tatap muka penyedia barang dan jasa dengan para konsumen, misalkan di pasar. Pembayaran dilakukan menggunakan mata uang yang telah disepakati. Bahkan jauh sebelum uang diciptakan, transaksi dilakukan melalui proses berter, yaitu proses tukar menukar barang.

           Terdapat tiga faktor utama penyebab munculnya E-commerce  di era digital ini. Ketiga faktor pemicu tersebut adalah adanya evolusi komputer beserta dengan hardware (perangkat keras komputer) dan Software (perangkat lunak komputer), perkembangan jaringan komputer dan internet, serta perubahan gaya hidup dan pola pikir manusia di era digital. Pembahasan untuk ketiga faktor tersebut disajikan pada artikel berikutnya. 







0 comments:

Post a Comment