Saturday, October 31, 2015

Filled Under:

Sistem Produksi


Pada masalah jerigen air diatas, metode pencarian memainkan paranan penting dalam penyelasaian masalah. Untuk mempermudah pemahaman sistem intelejensia berbasis teknik pencarian, marilah kita bahas tentang  Sistem Produksi  yang terdiri dari :
a.      Sebuah himpunan aturan,  masing-masing terdiri dari sisi kiri yang menentukan kemampuan aplikasi dari aturan tersebut dan sisi kanan yang menggambarkan operasi yang dilakukan  jika aturan tesebut dilaksanakan.
b.      satu atau lebih pengetahuan  atau bisnis data yang berisi informasi apa pun untuk tujuan tertentu. Beberapa bagian basis data bisa permanen, dan bagian yang lain bisa hanya merupakan  solusi untuk masalah saat ini. Informasi dalam basis data ini disusun secara tepat.
c.       Strategi kontrol  yang menspesifikasikan urutna dimana aturan akan dibandingkan dengan basis data dan menspesifikasikan cara pemecahan masalah jika beberapa aturan dapat dilakukan pada waktu yang sama. Syarat-syarat strategi kontrol:
·         Cause motion
Perhatikan kembali masalah jerigen air. Jika kita mengimplementasikan strategi  kontrol sederhana dengan selalu memilih aturan pertama pada daftar 12 aturan diartikel sebelumnya, maka kita tidak  akan pernah memecahkan masalah. Strategi kontrol yang tidak menyebabkan motion tidak akan pernah mencapai solusi.
·         Systematic
Strategi kontrol sederhana yang lain untuk mesalah jerigen air adalah: pada setiap siklus, pilih secara random aturan-aturan yang dapat diaplikasikan. Strategi ini lebih baik dari yang pertama, karena menyebabkan motion. Pada akhirnya strategi tersebut akan mencapai solusi. Tetapi, mungkin kita akan mengunjungi beberapa  state  yang sama selama proses tersebut dan mungkin menggunakan lebih banyak langkah daripada jumlah langkah minimum yang di perlukan. Hal ini disebabkan strategi kontrol tersebut tidak sistematik. Beberapa strategi kontrol yagn sistematik telah diusulkan, yang biasa disebut sebagai metode-metode pencarian yang akan dibahas.

d.      Pengaplikasi aturan (a rule applier) untuk mengaplikasikan aturan yang terpilih.  




0 comments:

Post a Comment